Website Untuk Kabupaten Aceh Tenggara/Kutacane

Sabtu, 11 Desember 2010

Laporan Pkl Pada PTPN III

BAB 1

PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Kerja Praktek

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi telah mengalami perkembangan yang sangat pesat di berbagai aspek kehidupan, terutama di dalam bidang teknologi informasi. (Jhon Mayer,2003). Hal ini mendorong setiap kita untuk mampu bersaing dengan dunia luas. Untuk mampu bersaing sangat dibutuhkan kompetensi diri yang dapat kita peroleh melalui dunia pendidikan. Dunia pendidikan dituntut untuk dapat mencetak generasi yang unggul, berintelektual, cakap, terampil dan bermoral.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengertahuan Alam Universitas Sumatera Utara khususnya jurusan Ilmu Komputer merupakan salah satu dari institusi pendidikan yang turut berperan dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.

Upaya yang dapat dilakukan untuk mewujudkan pencapaian tujuan tersebut, salah satunya adalah USU telah menciptakan suatu program yang memberikan kewajiban bagi mahasiswa yang akan menyelesaikan studinya untuk melaksanakan kerja praktek pada perusahaan-perusahaan dimana jenis dan tempat kerja praktek tersebut disesuaikan dengan jurusan masing-masing.

Praktek Kerja Lapangan (PKL) dimaksudkan sebagai sarana untuk membekali mahasiswa sebelum memasuki ranah dunia kerja. Mahasiswa diharapkan dapat menerapkan dan mengaplikasikan ilmu yang telah diperolehnya, selain itu mahasiswa juga diharapkan untuk dapat menambah dan menggali kemampuan diri dengan cara mempelajari dan berinteraksi dengan dunia pada tempat Praktek Kerja Lapangan.

Dalam praktek kerja ini penulis memilih tempat kerja praktek di PT.Perkebunan Nusantara III Medan. Perusahaan tersebut sangat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapat pendidikan dan pengalaman dunia kerja.



1.2 Ruang Lingkup Kerja Praktek

PT Perkebunan Nusantara III disingkat PTPN III (Persero ),merupakan salah satu 14 Badan usaha Milik Negara (BUMN ) Perkebunan yang bergerak dalam bidang usaha perkebunan, pengolahan dan pemasaran. hasil perkebunan.

Kegiatan usaha perseroan mencakup usaha budidaya dan pengolahan tanaman kelapa sawit dan karet. Produk utama perseroan adalah Minyak Sawit (CPO ) dan Inti Sawit ( Kernel )dan Produk Hilir Karet.


1.3 Tujuan dan Manfaat Kerja Praktek

1.3.1 Tujuan Kerja Praktek

Program kerja praktek yang dilaksanakan oleh mahasiswa merupakan suatu kegiatan bagi setiap mahasiswa dengan bimbingan lembaga dan perusahaan dalam jangka waktu tertentu.

Adapun tujuan kerja praktek tersebut bagi mahasiswa adalah :
1. Untuk melatih kemampuan mahasiswa didalam melakukan tugas-tugasnya sehingga dapat membedakan antara dunia kerja dan dunia pendidikan.
2. Meningkatkan dan memperluas serta memantapkan ketrampilan yang membentuk kemampuan mahasiswa sebagai bekal untuk memasuki lapangan kerja yang sesuai di bidangnya.
3. Meningkatkan pengenalan mahasiswa terhadap aspek-aspek usaha yang potensial dalam lapangan kerja.


1.3.2 Manfaat Kerja Praktek bagi Mahasiswa

1. Melatih mental mahasiswa untuk bersikap lebih dewasa dan bertanggung jawab dalam melaksanakan suatu tugas yang diberikan kepadanya
2. Menumbuhkan dan memantapkan sikap professional yang diperlukan mahasiswa untuk memasuki dunia kerja sesuai dengan bidang kemampuannya.
3. Memperoleh pengalaman belajar dan bekerja bagi mahasiswa pada suatu perusahaan atau instansi.

1.3.3 Manfaat Kerja Praktek bagi Perusahaan

Ikut serta dalam membantu dan mensukseskan program pemerintah dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa.

1.3.4 Manfaat bagi Fakultas

a. Dapat meningkatkan hubungan kemitraan kerja sama antara lembaga pendidikan khususnya fakultas dengan perusahaan/ dunia usaha.
b. Dapat mempromosikan keberadaan fakultas ditengah-tengah dunia usaha sehingga dapat mengantisipasi kebutuhan dunia industri akan tenaga kerja yang professional dan kompeten di bidang masing-masing.

1.4 Tempat dan Waktu pelaksanaan PKL


1.4.1 Tempat

Praktek Kerja Lapangan (PKL) di laksanakan pada Teknologi Informasi (TI) PTPN III, Jl Sei Batanghari No.2 Medan.


1.4.2 Waktu

Waktu pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan di mulai tanggal 21 Juni – 21 Juli 2010. Selama melaksanakan kegiatan PKL, penulis harus melaksanakan peraturan yang berlaku di perusahaan. Adapun peraturan yang harus dilaksanakan antara lain:
a. Datang tepat waktu 07.30 WIB
b. Mengisi daftar absensi setiap hari kerja.



1.5 Metodologi Penulis Laporan PKL

Laporan ini disusun berdasarkan:
a. Wawancara langsung dengan pembimbing dan staf yang bekerja di bagian Teknologi Informasi (TI) yang berkenaan dengan laporan ini.
b. Kepustakaan, dengan cara membaca dan mengkaji buku-buku serta karya tulis lainya yang berkaitan dengan pokok bahasan.
c. Penelusuran website internet www.ptp3.co.id untuk mendapatkan informasi sesuai dengan tema kerja praktek yang dibahas.


1.6 Sistematika Penulisan Laporan PKL

Penulisan Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini di bagi atas 4 (empat) bab dan masing-masing bab di bagi atas sub-sub bab dengan maksud agar laporan tersebut lebih terperinci dan akan mempermudah di dalam pembahasan dan pemahaman masing-masing bab. Adapun bab-bab tersebut adalah:

BAB I. : PENDAHULUAN
Berisikan latar belakang, tujuan, Pengertian, Manfaat, Tempat dan Waktu PKL, dan Sistematika penulisan laporan.

BAB II. : GAMBARAN UMUN PERUSAHAAN
Berisikan sejarah singkat berdirinya PT. PERKEBUNAN NUSANTARA III, tugas dan fungsi, lokasi, struktur organisasi, Visi dan Misi.

BAB III. : PELAKSANAAN KERJA PRAKTEK
Berisikan tentang hasil kegiatan PKL selama di PTP.NUSANTARA III unit Teknologi Informasi

BAB IV. : KESIMPULAN DAN SARAN
Berisikan tentang kesimpulan dan saran yang di peroleh penulis selama melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL).

2 komentar: